Kamis, 22 September 2016

Remote Dekstop Raspberry Pi 3 with xrdp

Remote Dekstop Raspberry kadang dibutuhkan jika pada kondisi kondisi tertentu (baca: g ada monitor) seperti kurangnya fasilitas display seperti monitor ataupun LCD. Lagipula , remote dekstop adalah cara yang paling mudah untuk melindungi system dari tangan tangan jahil yang tidak seberapa paham (baca: orang sok tahu) dengan konfigurasi system raspberry yang anda buat.

Disini, saya akan membagikan cara melakukan remote dekstop raspberry PI dengan menggunakan laptop berbasis OS Window 7 Home Premium. Software yang akan digunakan adalah software xrdp, penjelasan tentang xrdp bisa dilihat disini. Saya tidak akan menggunakan kabel karena baik laptop maupun Raspberry saya terkoneksi dengan access point  yang saya gunakan untuk sharing koneksi Internet. Walaupun kita akan menyingkirkan penggunaan monitor untuk remote dekstop, tapi untuk instalasi xrdp kita tetap membutuhkan fasilitas monitor dengan koneksi HDMI agar kita bisa melihat process dari instalasi.

Ok lah, kita awali pada sisi Raspberry dulu.

Instalasi xrdp pada Raspberry Pi 3.
  1. Pastikan Raspberry anda sudah terintal OS yang compatible dengan xrdp. Disini, saya menggunakan Raspbian Jessie untuk system operasi pada Raspberry saya.
  2. Pastikan Raspberry anda sudah terhubung dengan internet. Untuk lebih mudahnya, konek-kan saja rapberry pada internet hotspot di rumah anda(yang DHCP saja biar cepat).
  3. Pastikan antara Raspberry dan laptop anda ada pada satu jaringan. Laptop saya mempunyai IP 192.168.1.4 dan Raspberry saya mempunyai IP 192.168.1.3 dengan subnet mask 255.255.255.0 (ini DHCP dari access point/router saya).
  4.  Buka terminal, dan type “sudo apt-get install xrdp”   
  5.  Raspberry akan segera mendownload xrdp dari repo. Jika adiminta persetujuan yang dimana saya juga g baca, type “Y” dan pencet tombol enter. Tunggu sampai instalasi selesai. 
  6. Jika sudah selesai, Reboot raspberry.
  7. xrdp akan masuk ke aplikasi startup secara default, sehingga dia running di background ketika Raspberry berjalan. Tapi untuk sekedar cek, buka terminal dan type “xrdp”.
  8. That is, instalasi xrdp sudah selesai di raspberry dan sudah siap digunakan.
Set-up remote dekstop connection di Laptop

  1. Laptop saya menggunakan WIndow 7 (Ori vroooohhh..), dimana tersedia aplikasi remote dekstop. Untuk menjalankan aplikasi ini, ketik “remote” pada search program and file, dan klik aplikasi Remote Dekstop Connection.
  2. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Pada nama Computer, cukup ketikan ip address dari raspberry pi yang kita punya, yaitu 192.168.1.3 untuk laptop saya. Untuk username, kita isikan default username yaitu pi (ini setingan default dari raspberry). Kemudian klik Connect.
  3. Maka aplikasi remote dekstop akan meng-establish koneksi ke raspberry. Jika aplikasi remote dekstop berhasil menemukan ip address Raspberry, maka akan muncul tampilan seperti ini, yang meminta uername dan password.
  4. Isikan username dna password default dari raspberry yaitu pi untuk username, dan raspberry untuk password
  5. Yap, jika semua dilakukan dengan benar, maka kita akan terhubung secara remote ke raspberry. Dan FYI, jika kita melakukan remote dekstop antar PC windows, biasanya PC yang kita remote akan mengunci window. Untuk remote dekstop di Raspberry, hal tersebut tidak berlaku, sehingga Monitor dari raspberry akan tetap menampilan display dari raspberry. Berikut hasil akhir dari remote dekstop ke raspberry.
Cukup sekian tulisan ini, jika ada yang perlu dikoreksi atan ditanyakan, silakan komen dibawah, siapa ahu bisa dipecahkan bersama sama.

    Tidak ada komentar: