Kamis, 03 Juni 2010

MENGENANG PENGALAMAN MASA MASA PENDAFTARAN JADI KARBOL TNI AU

G tau mulai dari mana, tapi kok tiba tiba obrolan anak asram kamar 107 kok menjurus ke masalah yang mengingatkan ane di jaman masi SMA. Anak anak yang mulainya ngomongin nasib anak anak jurusan elektro yang sering kali bernasib "mengenaskan " dalan dunia per-cewe an. Mula nya ada yang ngomong, "wes ta, lek arepe oleh ojo ayu, dadio perwira TNI opo POLISI ae, sak elek eleke raimu , minimal awakmu oleh bojo koyo M**a arek IT iku"m wkwkwkwk.....(anak asrama emang hardcore kalo masalah ngomong saling menjatuhkan). Tapi kao dipikir pikirm biasanya yang dipacarin tu buka laki lakinya , tapi seragam TNI yang dipake ama cowonya. hahaha...(kksah nyata di royal plaza,....yang cowo tampang pas pasan, lebih nggantengan ane malahan, tapi cewe yang digandeng, busyeet....padet, putih, berisi, mulus, kakinya ada 4...loh)

langsung saja ane cerita, ente tau sendirilah, kalo waktu lulus SMA tu biasnya dibuka pendaftaran untuk masuk menjadi taruna/karbol/ kadet TNI. ane yang merasa memang memenuhi syarat (secara gw athletis banget waktu SMA, tinggi 178, berat 65, tampang juga g jelek jelek amat, fisik lumayan lah, bisa keliling stadion sampe 5 kali dengan napas masih dibilang normal (jaman SMA tapi, kalo sekarang mah, kebanyakna ngadep komputer, kebanyakn megang solder, kebanyakn ngopim, jadi main futsala aja dalam 5 menit udah kaya lari suraba mojokerto)). dan tanpa banyak cincong, ane ngadep bapak sama ibuk, "gimana pak,.. buk...aku tak daftar TNI yo..", "sak karepmu le..." jawab bapak ane sambil ngasih makan ayam di belakang rumah. merasa mendapat ridho dari orang tua, oke ane berangkat untuk mencoba peruntungan untuk endaftar menjadi karbol TNI AU di maospati, yang konon katanya salah satu markas armada tempur di indonesia.

setelah itu, ane memasuki fase paling ribet dalah sejarah gw berhadapan sama birokrat (g kaya jaman sekarang, yang cenderung lebih cepat ...,,,pokoknya peningkatan lah dari pad zaman dahulu.) ane harus menyiapkan persyaratan yang tenggang waktunya sekitar 2 minggu dari tanggal terakhir pendaftaran. kalo g salah yang mesti disiapin tu, skck, rapot, surat keterangan lulus, surat keterangan bebas narkoba, kartu keluarga, akta kelahiran, photo hitam putih 4X6...dlll(smpe lupa aku). diantara syarat itu, yang bikin ane males adalah nyari skck, urutanya panjang banegt, ini tak urutin wes:
  1. nyari surat keterangn dari pak RT, ini sebenarnya g ribet, cuman lamanya itu lho, pak RT kalo ngetik surat 1 lembar aja sampe 2 jam.
  2. habis itu nyari surat keterangan dari lurah, ini ma gampang, gw titipin aja ke pak lek ane yang kebetulan jadi carik...hehehe
  3. abis itu nyari surat keterangan dari kecamatan. kebetulan camatnya ada, jadi langsung dapet. tapi kalo g salah ane juga harus ke koramil kok buat nyari tanda tangan juga, tapi ane lupa tanda tangan apa.
  4. abis itu ke polsek, kalo disini ma cepet, polseknya selalu di tempat (males patroli pak??)
  5. abis tiu baru ke polres, di polres juga lumayan cepetm yang bikin gw ngakak tu waktu petugasnya mau ngasih skck yang udah jadi, "mas, ini skck gratis, tapi kalau misalnya mau ngasih uang lelah, ya ngga apa apa"...wkwkwkw....ane g enak juag , tak kasih dah 20 rebu.
ya ga apa apa lah, ribet ribet tetep gw jalanin. Demi bisa kaya gini.
berikut adalah jalnya beberapa tes, sampe gw gagal ya:
  1. tes administrasi. ini mash simpel. cuman ngecek adminstrasi sama wawancara dikit dikit. kalo ane mas jelas lolos, secara bapak ibu ane jelas, rapor jaman sma lumayan bagus, tanda tangan dari berbagai pihak lengakap.
  2. habis ti kalo g salah langsung tes kesehatan pertama, di rumah sakit (ane aga lupa juga). ini salah satu tes yang biki gw ngakak seumur hidup. tes kesehatan yang pertama tu tes varises ama varikokel. 1 kamar ada banyak orang, dan tiba tiba " ayo silakn, celana pendek sama celana dalmnya dibuka" perintah salah satu komandan kayaknya. oke, setengah maul malu, kami satu ruangan telanjang bareng bareng. Sebenarnya ane mau ngaka, tepi tak tahan. gw hampir ngakak waktu ngedenegrin komentar komentar dari yang mriksa . (perhatian sebelumnya, pertanyaan pertanyaan berikut g perhnah ditanyakan sama ane) "le,iki awakmu wes sunat durung??", "awas ya, kalo ada yang tiba tiba b*****g nya berdiri, langsung tak coret dari daftar", "heh..iki gonmu cilik temen, iki iso ngac*** g?". dsb yang membuat ane harus nahan ketawa. Dan itulah untuk kedua kalinya (setalh sunat), barang ane digrayangin sama orang (periksa varikokel katanya). busyet....najis deh bo...wkwkwkw. abis it ada lagi yang bikin gw ngakak..."yo semua pada jongkok, terus lubang a**s nya di liatin ya ..." kwkwkwkwkwkwkw....ane inget aja masih ngakak sampe sekarang, ini buat liat ada ambeyen apa kaga, tapi yag dipikiran ane, ngga muntah tah yang mriksa liat barang barang milik sekitar 250 orang????
  3. lanjutnya, untuk hasil tes kesehatan akan dumumkan setelah tes di polisi militer. (tapi sebenare ane udah agak pesimis, secara mata ane minus, dan waktu tes mata, dokternya masang muka pesimis gitu, tapii positif tingking ae lah...). dan saatnya tes di tempat paling konyol se maospati. MARKAS POLISI MILITER TNI ANGKATAN UDARA. dengan bangunan yang udah dari jaman belanda, markas ini menyimpan cerita cerita konyol dari temen temen sekitar situ. ada yang crita " kalo sampean lewat komplek lanud iswahyudi ini, sampean ojok sampe ngga gawe helm ato goncengan 3 orang, kalo ngga, nanti pasti diberhentiin sama PM nya,. PM sini biasanya g minta duwit mas, tapikalo ngasih ukuman kejem kejem. yang paling baru tu ada anak goncengan 3 orang ketemu PM. mereka di ukum berendem di kolam ikan lele milik salah satu komandan sampe mgarib baru boleh pulang"..wkwkwkw...Tapi bener , orang orang disini pada gila semuanya. Terutama omongan komandanya yang masih muda (orang bandung dari logatnya). Ngomong blas g difilter, waktu dikumpulin di di lapangna depan markas, komandanya bilang ,"le,,..kamu semua laki laki kan? sekarang semua pegang k****l masing masing, terus sama sama teriak . SAYA LAKI LAKI"..wkwkwkw...komandan geblek emang(dan waktu teriak , tu komandan ngasih contoh + sama sama megang baranganya juga ..wkwkwkw).
loh kok abis, ....ya emang sampe situ ane di tes, ternyata betul, mata ae ngga bisa ditolerir. tapi g apa apalah. namanya juga cari pengalaman. Walaupun g diteriam jadi karbol, ane teap bisa berbakti pada negeri dengan berkarya di kampus POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA- INSTITUT TEKNOLOGI SEPULH NOPEMBER.

SEKIAN CERITA ANE...KAPAM KAPAM DISAMBUNG LAGI. ane mau lpj hima, udah bolak balik di sms ama kahima.

4 komentar:

Rudi Prasongko mengatakan...

hahhaha.....

lucu pin critamu

wakakakaa

David K3B0 mengatakan...

Oalah...lagi nostalgia to.pantes teko telat LPJne

suporter spemdalas mengatakan...

Sip. Mungkin diTesco ini yg lebih baik ketimbang di AU

masdung permana mengatakan...

Kamprett, ceritamu gayeng banget e Cak