Sabtu, 03 April 2010

SIMULASI AVR DENGAN MENGGUNAKAN PROTEUS

Ok lah, langsung aja. Barangkali bagi agan agan ada yang kurang tau apa tu proteus. PROTEUS adalah sebuah software simulasi yang bisa digunakan untuk mensimulasikan file .hex dari sebuah project CodeVision, AVRStudio, BASCOM atau apalah yang penting jika di-compile bisa menghasilkan sebuah file denagn aktensi .hex (jadi inget waktu dulu masi pake Z80, ini kalo simulasi apanya yg dimasukin yak???). Software ini berguna jika kita dalam keadaan kepepet (terutama dalam masalah dana ..hehehe) yang tidak memungkinkan kita untuk mencoba program yang telah kita buat ke hardware aslinya, tetapi kita dkejar deadline waktu pembuatan software.

PROTEUS sendiri sebenarnya tidak hanya untuk mensimulasiakan file .hex yang kita buat, tetapi juga menyediakan tool yang bisa memindahkan simulasi (scematic) kita ke layout PCB (kalo di EAGLE atau Altium tuh namaya AutoRouting), sehingg kita tidak perlu bekerja 2 kali dalam membuat sebuah project. Untuk simulasi dari PROTEUS tu namanya ISIS, kalo untuk buat layout PCB namanya ARES. tampang dari ISIS sama ARES tuh kaya gini:



Yang atas tuh gambar kalo kita mo masuk ke ISIS (load programnya aga lama), sedangakan yang bawah tu workbench kita. Bagusnya ISIS tuh, kita banyak diberi exampel program yag udah jadi, ya hanya tingga mencontoh rangakaian dan menebak jalanya program (yang pake AVR, PIC, ARM, Panasonic, ato mikrokontroller yg lain) .

Sedangkan penambpakan dari ARES adalah sebagai berikut :





Kalo masalah kualitas PCB makernya sih kayanya sama aja kaya software kebanyakan (kecuali PROTEL, g tau kenapa kalo pake protel tu bisa ngrasain puas banget hehehe...). Cuman yang jadi kelebiahan dari ARES adalah bisa menapilkan layout PCB yang kita buat dalam bentuk 3 dimensi seperti pada gambar diatas. Jadi bagi para newbi tidak perlu kuatir untuk melakukan kesalahan konyol dengan memakai komponen yang dalam dunia nyata ukuran fisiknya teralalu besar.

Secara garis besar, software ini cukup bagus untuk digunakan sebagai developer hardware yang mantab dan terpercaya...walah. Tapi memang benar, PROTEUS memang banyak memberi kemudahan dalam membuat sebuah simulasi mikrokontroller dan jugapemuatan PCB. dan yang menjadi nilai tambah dari PROTEUS tuh ada di ARES nya, yaitu toll 3D View yang mantab gan!!

Klik Disini donwload Proteus via 4shared

4 komentar:

iww mengatakan...

Bro saya sudah download Proteus, tetapi ada password untuk file rar-nya, passwordnya apa ya ?,
email saya bila ini bersifat pribadi di : irwan.wahyu@gmail.com
thx ..

Gigih Yumantoro mengatakan...

Tolong Dikirimkan Password proteusnya di gigihyumantoro@ymail.com

samz mengatakan...

Mas, sewaktu saya memasukkan komponen kok ga bisa ya?
saat diklik ikon pensilnya, tetep ga nongol komponennya,
makasih

Elektro apache mengatakan...

Tolong Dikirimkan Password proteusnya di als_jarry@yahoo.com
Thanks for software. . .