Jumat, 04 Juni 2010

PERTIMBANGAN MEMILIH IC DRIVER YANG BAGUS UNTUK LINE TRACER / LINE FOLLOWER

HEHEHEH.......ane nulis artikel ini untuk starting project pribadi ane yang terunda gara gara berbagai macam kasus dan kegiatan yang betul betul menyita waktu. contoh : tidur...
hahaha...bercanda bung,. oke sebenarnya ane niat nulis arikel ini karena ada kejadian menarik dari PIMITS kemarin yang membuat ane garuk garuk kepala (sori bro...walau ane jarang mandi, tapi rambut ane g ada kutunya). ya, kasusnya adalah sebagai berikut:

ketika PIMITS tahun ini, ada beberapa mahasiswa semester 4 yang nyoba ikut lomba line tracer mikrokontroller (salah satunya junior ane di HIMA). Ane juga baru tau kalo ada beberapa temen yang ikut line tracer itu 2 hari sebelum lomba. Di suatu sore yang indah, ane baru aja ngadep dosen buat ngurus PKM ane, setelah itu ane mampir ke sekber (hehehe...secara ane kadep ristek, tapi agak magabut, sibuk ama rusan sendiri masalahe). Di situ ane ngeliat ada beberapa junior lagi main main line tracer. Ya udah, ane iseng iseng ngliatin. Gw tanya "wah...line tracer gaw opo rek?", ada yang jawab "gawe pimits mas". hehehe... ane aga kaget, soale baru kali ini PIMITS ada kompetisi line tracer mikronya. Ane mulai tertarik, dan iseng iseng nglihat line tracer mereka. dan ternyata.......waduh, emang ini anak masih pada newbi di dunia per line traceran yang sudah sangat keras (walah...). Gimana ngga, secara mereka uda pake mikrokontroller bagus (mega16/mega32), dengan desain sensor yang cukup ampuh (udah pake adc), dengan desin yang cukup menarik (asal jalan kayanya). tapi minus LCD, dan tanpa push button buat setingan. Ya..over all, mayan lah. Tapi yang gw kaget, ada IC nyenil di disitu, dan ketika gw baca tipenya,...walah...L293. (ini anak kayanya niru milik lab). Ane g berani komentar macem amcem, secara ane juga jarang banget sharing masalah line tracer kalo ngga sama anak anak asrama (ntar takutnya kalo ane komentarin, ntar pikir mereka "sampean lo mas g tau muruki aku"). hehehe....
Ya udah sejak saat itu, ane punya pikiran untuk membuat komunitas kaya anak anak UGM, UNY, ITB, yang komunitas line tracernya udah kuat. Ane udah diskusi ama pak Hendriawan, dan ternyata pak hendri juga merasakan hal yang sama mengenai hal tersebut. Ane coba ngumpulin anak anak ristek, dan mereka setuju, tapi ya tetep aja, gw nya lagi yang ngilang gara gara klejar tayang PKM ama tugas akhir.

cukup sekian curcol dari ane. Langsung saja menuju pokok masalah.

DRIVER LINE TRACER YANG PALING BAIK APA YA???


ok... kita tahu bahwa driver motor line tracer bisa dibuat dari berbagai macam komponen, seperi transistor, MOSFET, ic driver seperti l293 dan l298. Sekarang yang jadi pertanyaan, yang paling bagus yang mana? jawabnya >>> ngga ada, soalnya setiap komponen memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri sendiri. di sini akan ane bahas satu persatu. .
  1. DRIVER TRANSISTOR KONSFIGURASI H BRIDGE, merupakan komponen dan konfigurasi standar yag sering dipakai untuk Line tracer. komponen yang sering dipakai yaiut transistor tibe 90xx, BD1xx, TIPxxx (bahkan kemarin ada yang peserta KRI regional 4 yang make transistor jengkol, g tau pertimbangannya apa). konfigurasi standarnya kaya gini (sori kalo gw nggambarnya salah ya)



    gambar diatas adalah konfigurasi standar dari h bridge dengan menggunakn pasangan transistor BD139. Ada juga anak anak yang pake pasangan BD139 dan BD140. bedanya apa? mari kita sama sama cari tau. Pertama kita gunakan pasangan BD139 dan BD140, kemudain kita simulasikan dengan proteus. Hasilmya kaya gini:



    dari gambar keliatan kalo tegangan drop di motor sekitar 3,4 volt , secara tegangan VCC ane 5 volt. sekarang kita bandingkan dengan transistor BD139 sebanyak 4 biji. ini hasil simuasi proteusnya:



    dari simulasi diatas, kelihatan kalo tegang drop di motor jauh lebih besar (4,2 volt), sehingga seharusnya motor jugabisa berputar lebih cepat. kenapa bisa begitu??? hehehe...terus terang saja, gw g seberapa paham masalah perhitungan transistor analog(bu rika...maafkanlah mahasiswamu yang tertidur waktu anda ajar...). Tapi sebenarnya, sebenarnya, kenceng tidaknya putaran motor juga dipengaruhi oleh tipe transistor itu sendiri (maksimal arus bisa nglayanin sampe berapa), sama besarnya resistor yang ada di basis (sampean sebenarnya bisa menghitung sendiri besar arus maksimal yang masuk ke basis dengan melihat datasheet AVR yang digunakan dan datasheet BD139).
  2. DRIVER MOSFET KONSFIGURASI H BRIDGE, secara prinsip , driver ini sama dengan transistor, hanya saja kita mengatur tegangan dari gatenya, bukan arus. gambar rangkaiannya adalah sebagi berikut:



    dari gambar tersebut memang tegangan drop di motor lebih kecil dai pada tegangan dengan mnggunkan driver H, tapi jika tegang sumber lebih besar, maka driver ini bisa mengalirkan arus lebih besar, sehingga daya pada motor bisa jauh lebih besar dari pada mneggunakn transistor. Hanya saja , Driver dengan tipe ini (menggunakan IRF540) mempunyai bobot yang berat, sehingga jika line tracer sudah berjalan dengan kecepatan tinggi, akan relatif sulit untuk berbelok sesuai dengan garis track karena besarnya momentum dari line tracer tersebut. Efeknya line tracer jadi terlambat berbelok.
  3. Menggunakan driver L293D, adalah IC driver yang memang di khusukan untuk driver motor DC atau motor stepper. dengan bentuk packing IC, driver ini ringkas, ringan, mudah digunakan. Hanya saja arus yan dihasilakan kecil, max hanya 0.5 ampere. Maanya jarang ada yang pakai untuk spek kompetisi, biasanya cuman dipakai buat tugas dosen saja. Nih gambar dari IC driver L293d:



    terus terang saja, ane g pernah pake ini IC driver(g pernah mengaplikasikan dalam rangkaian maksudnya). tapi ada beberapa anak yang ngumupin tugas dosen pake IC ini.ini gambar rangkaian yang gw peroleh dari internet:



    Saran aja, sebaiknya jangn gunakan IC tipe ini untuk Line tracer, udah harganya mahal, g hot lagi..hehehe
  4. IC driver L298, ini IC driver paporit ane. Simple, ringan, arus gede, tapi sayang g bisa ngerem. Ic ini banyak dipakai di line tracer spek kompetisi (setau saya loh..hehehe, ntar dikira sok tau lagi). Bahkan, teman ane yang dulu make MOSFET, pindah aliran juga ke IC ini. ini gambar IC nya:


    rangkainnya juga simple, di datasheet nya jug ada rangkaiannya. Tapi ini ada gambar rangkain yang lebih sederhana:



    dan beginilah hasil simulasi dari proteus:



    biingung??? semua akan jelas jika ente baca data sheet dari IC driver ini. Tapi, ya itu tadi, IC driver ini sangat buruk dalam hal pengereman(g bisa direm malah). Satu satunya jaln untuk mengeremnya adalah membali arah puteranya, dan tentu saja membalik arah putaran motor secara tiba tiba dan berkali kali, bisa merusak motor dan gearbox ente.
walah...segitu dulu kayaknya. g nyangka panjang banget ane posting. Perasaan ane ngeblog cuman buat ngilangin stress aja, tapi ini kok malah keterusan sampe lupa nyari bahan buat tugas akhir...

segitu aja ya...bye

4 komentar:

Arif Zuhantoro mengatakan...

Nice blog..

Albert Sudaryanto mengatakan...

Siph Oke nich

SaktiE Zone mengatakan...

IC L298 itu bisa buat ngerem coy..

tinggal kasih logika "1" pada input 1 sama input 2..

SaktiE Zone mengatakan...

IC L298 itu bisa buat ngerem coy..

tinggal kasih logika "1" pada input 1 sama input 2..