Kamis, 22 Oktober 2009

CARA MENGHUBUNGKAN LCD DENGAN MIKROKONTROLLER

Hehehehe.....mumpung lagi smangat bikin postingan, mosting lagi ahh...

Kali ini gw mo menghubungkan LCD 2x16 dengan menggunakan Mikrokontroller ATMega32. Compiler yang gw pake adalah CodevisionAVR (versinya lupa). Kalo ente make AVR yang konon basisnya adalah c, maka it's very simple. Coba bandingkan jika anda pake MCS51 yang nota bene pake asm (males mrogramnya), bikin tangan pegel ama kepala senut senut(tapi optimasinya dapet bro). Mau kode .asm nya?? sori brur, bukan ane yang buat, jadi kayanya g bisa asal share.

tapi kalo yang pake c, ni tak share se share sharenya.

konfigurasi dari pin lcd adalah sebagai berikut:

Banyak yng nanya, mas kalo misalkan mau ganti portmkonfigurasinya gimna? jawabnya: yo podo ae cung, di codevision kamu akan dibuatkan library yang sesuai dengan portmu, dan tidak akan pernah mengalami masalah asalkna port terpasang dengan benar. seringkali lcd yang dipake lcd 2x16, yang programnya udah biasa, sekarang bagaimana kalo lcd 4 x16 (ini ada yang nany pula), sekali lagi tak jawab, yo podo ae cung!!
untup pengalamatan karakter ke lcd jika dengan menggunkan codevision digunakan script berikut:

lcd_gotoxy(0,0);
lcd_putsf("halo baris 1"); //ini untuk menampilkan string secara langsung di baris 1
lcd_gotoxy(0,1);
lcd_putsf("halo baris 2"); //ini untuk menampilkan string secara langsung di baris 2
lcd_gotoxy(5,2);
lcd_putsf(" baris 3"); //ini untuk menampilkan string secara langsung di baris 3 dengan karakter dimulai dari kolom ke 6

unsigned int x=90; //nilai x=90
unsigned char halo[16]; // variable buffer yang digukan untuk nyimpen string dari masukan variable
sprintf(halo, "nilai x = %d", x);
lcd_gotoxy(0,3);
lcd_puts(halo);

kayanya g seru kalo g ada gambrnya, ih tak kasih simulasi isis wae ya, pertama di isis scematic buatlah scematic seperti berikut:




terus double klik di mega16 nya kemudian beri dengan nilai berikut:
nilai clock tergantung ente rencana hardwarenya mau dikasih berapa. oke persiapan sudah selesai maka tinggal disimulasikan:



oke, simulasi selesai. disitu ane masang wariable resistor untuk mengatur ke kontrasan dari karakter lcd kita. biasanya ane masang 50K , tapi sebenarnya besarnya g seberapa masalah, soalnya cuman sebagai pembagi teganga doang. tapi jangan kekecilan, ntar lcd jebol (bila arus yang masuk ke Vee berlebihan, untuk besar arus maksimal silaan ente lait di datasheetnya).
ada juga temen teman yang ngasih variable resistor lagi di backlight lcd (kaki 15 vdd ama kaki 16 gnd), maksudnya biar tegangan yang ke Vdd bisa diatur sehingga terang ngga nya lampu back light bisa diatur.

Tapi untuk pemakaian lcd ini, sebenarnya juga agak riskan karena lcd makan arus yang lumayan banyak, jadi gampang ngabisin baterai. makanya banyak orang yng ngga mau masang backlight buat line tracer mereka, eman baterainya...heheheh

oke ...itulah lcd tutorial in codevision and proteus , see ya

Tidak ada komentar: